Jumat, 30 April 2010

Semua Karena CARAKA

Sebenarnya posting-an ini seharusnya lahir sebelum posting-an dengan judul "Mereka yang selalu di ATAS!". tetapi karena otak ini selalu bekerja melompat-lompat, jadilah posting-an ini di rilis belakangan.

Semua berawal dari road show "CARAKA festival kreatif", sebuah road show yang mengajak temen-temen mahasiswa se-indonesia, khususnya mahasiswa periklanan / komunikasi untuk ikutan lomba iklan dengan tema "Burn Your Box", dimana setiap peserta diwajibkan untuk membuat iklan dalam berbagai kategorinya dengan pesan agar setiap mahasiswa tidak terpola untuk lulus kuliah kemudian bekerja sebagai karyawan, tetapi menjadi seseorang yang memiliki keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan tidak bergantung pada orang lain.

Mendengar tema tersebut, semangat langsung membara di otak dan dada, memaksa gue untuk memulainya secepat mungkin, karena berpengalaman mengikuti lomba, dan alhamdulillah pernah memenangi beberapa lomba sejenis, gue mencari cara untuk mengulang kesuksesan di masa lampau, dengan beberapa teknik yang sama gue pun mulai melakukan riset terhadap target audience dari lomba tersebut

Terus berpikir, bagaimana cara mengajak mahasiswa untuk berpikir kalau sekarang "Saatnya Keluar dari Zona Nyaman dan Menciptakan Sesuatu yang Baru", riset terus gue lakukan mulai dari posting ke forum yang banyak mahasiswanya seperti kaskus, sampai in-depth interview dengan beberapa orang yang gue anggap cocok sebagai audience profile, hingga akhirnya gue menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut dan membuat mahasiswa berpikr, bahwa dengan keluar dari zona nyaman dan menciptakan sesuatu yang baru akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik atau kemakmuran.

dan lahirlah Creative Brief berikut,

Creative Brief

Tema :
Saatnya Keluar dari Zona Nyaman dan Menciptakan Sesuatu yang Baru

Problem :
Untuk menjadi Negara Maju, Negara ini membutuhkan banyak pengusaha, oleh sebab itu bagaimana cara mengajak mahasiswa setelah lulus nanti tidak berpatokan untuk bekerja tetapi ada niat dan tekad untuk menjadi pengusaha yang mandiri dan menciptkan sesuatu yang baru

TA :
Mahasiswa 18-23 Tahun

Research :
Sebenarnya hampir semua mahasuswa sadar dan ingin menjadi seorang pengusaha, sebab mereka sadar kalau untuk mendapatkan kemakmuran dan kebahagiaan mereka harus menjadi pengusaha yang mandiri dan kreatif, tetapi banyak dari mereka yang ketika lulus nanti lebih memilih menjadi karyawan terlebih dahulu, dengan alasan ingin memupuk modal dan pengalaman, tetapi ketika nanti mereka telah menjadi karyawan banyak dari mereka yang lupa akan impian mereka, karena sudah masuk ke zona nyaman, dimana mereka merasa takut untuk meninggalkan kepastian hidup, mereka takut untuk memasuki dunia usaha yang menurut mereka penuh dengan ketidakpastian

Insight :
Saya takut memasuki dunia usaha, karena dunia itu penuh dengan ketidakpastian

Communication Objectives :
Meyakinkan TA, bahwa dengan keluar dari zona nyaman dan menciptakan sesuatu yang baru akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik atau kemakmuran
Meyakinkan betapa membahagiakannya menjadi seorang pengusaha yang mandiri dan tidak bergantung pada orang lain

Current Behaviour :
  • Berpikir kalau menjadi karyawan adalah profesi yang penuh dengan kepastian, sedangkan menjadi pengusaha adalah ketidakpastian
  • Tidak merasa yakin kalau dengan menciptakan sesuatu yang baru kita dapat menghadapi persaingan usaha
Expected Behaviour :
  • Mempunyai pola pikir bahwa baik menjadi karyawan maupun pengusaha sama-sama memiliki resiko dan ketidakpastian
  • Berani dan yakin bahwa dengan menciptakan sesuatu yang baru, kita dapat menghadapi persaingan usaha
Message :
Dengan berjiwa mandiri dan berpikir kreatif kita dapat menghadapi ketidakpastian yang ada di dunia ini

What we do :
  • Menekankan kepada TA bahwa tidak ada yang disebut zona nyaman, tidak ada yang pasti di dunia ini, menjadi karyawan tetap penuh dengan ketidakpastian
  • Meyakinkan TA, kalau Lebih menyenangkan dan membahagiakan jika menjadi bos bagi diri sendiri
  • Meyakinkan TA, kalau Ketidakpastian dapat kita hadapi jika kita berpikir kreatif
Big Idea :
uncertainty world
With an independent spirit and creative thinking we can deal with uncertainties that exist in this world

Sekarang yang mau gue lakukan adalah mencari ide kreatif untuk eksekusi iklan cetak, TVC, Radio dan digital media, dengan berdasarkan pada creative brief tersebut. karena gue percaya kalau iklan yang baik dan efektif adalah iklan yang berasal dari strategi pendekatan yang tepat.

thanks!

1 komentar:

ryrii mengatakan...

i really like ur idea. enterpreunership.
well, good luck for your project.
=)